logo web pa krui

CORONA MAHKAMAH AGUNG gif

Written by Super User on . Hits: 76

Pengadilan Agama (PA) Krui Adakan MoU Syarat Formil Dispensasi Kawin dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Barat dan Pesisir Barat

.

Liwa, Lampung Barat | https://www.pa-krui.go.id

 

WhatsApp Image 2022 06 30 at 10.50.121

WhatsApp Image 2022 06 30 at 11.25.082

Menindaklanjuti Surat Perintah Dirjen Badilag Nomor 2449/DjA/HM.00/4/2022 mengenai Koordinasi dan Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Kesehatan, Pengadilan Agama Krui mengadakan MoU dengan Dinkes Pesisir Barat pada hari Senin tanggal 20 Juni 2022 di Kantor Dinkes Pesisir Barat dan Dinkes Lampung Barat pada hari Kamis tanggal 30 Juni 2022 di Media Center Pengadilan Agama Krui.

Memorandum of Understanding (MoU) ini bertujuan untuk menjamin pelaksanaan peradilan yang melindungi hak anak, meningkatkan peran orang tua dalam pencegahan perkawinan anak, menghindari pernikahan yang bersifat paksaan, yang kesemuanya itu merupakan standar proses mengadili permohonan dispensasi kawin.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh masyarakat pada saat mengajukan dispensasi nikah yaitu, Dampak dari pernikahan dini; Kesiapan fisik, mental serta ekonomi dalam menjalankan perkawinan. Oleh karena itu, dengan akan dijalinnya kerjasama ini diharapkan pada saat akan mengajukan Dispensasi  Nikah.  Masyarakat harus melakukan pengecekan kesehatan fisik dan mental terlebih dahulu oleh Dinas Kesehatan.

Pihak Dinkes Kabupaten Lampung Barat menjelaskan, sebelumnya surat keterangan hamil sebagai syarat dispensasi nikah diperoleh dari buku kesehatan ibu dan anak atau bidan desa. Namun, dengan kesepakatan ini bisa diperoleh di Puskesmas terdekat.

Sementara itu, Ketua PA Krui YM Sri Nur’ainy Madjid, S.H.I., M.H. menerangkan, kesepakatan ini merupakan salah satu upaya mencegah pernikahan dini melalui pemeriksaan kesehatan.

Sebelumnya surat keterangan kehamilan bisa diperoleh melalui bidan desa, namun bidan tak mewakili institusi pemerintahan. Harapannya dengan adanya MoU ini, pelaksanaan sidang permohonan dispensasi kawin dapat terlaksana sesuai standar prosedur yang berlaku.

(Tim TI PA Krui)

Add comment


Security code
Refresh