logo web pa krui

CORONA MAHKAMAH AGUNG gif

Written by Super User on . Hits: 106

Uji Kompetensi Posbakum Pengadilan Agama Krui Tahun 2022

.

WhatsApp Image 2022 06 06 at 09.08.24

WhatsApp Image 2022 06 06 at 09.11.57

WhatsApp Image 2022 06 06 at 09.11.57 1

Pengadilan Agama Krui akan menyediakan Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) untuk Masyarakat pencari keadilan yang tidak mampu secara ekonomis dalam menjalankan proses hukum di Pengadilan.

Berdasarkan Perma No.1 Tahun 2014 tentang pedoman pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu di pengadilan bahwa ada tiga ruang lingkup pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yakni layanan pembebasan biaya perkara2, sidang di luar gedung pengadilan3 dan Posbakum di lingkungan Peradilan umum, Peradilan Agama, dan Peradilan Tata Usaha Negara.

Posbakum pada pengadilan adalah layanan yang dibentuk oleh dan ada pada pengadilan tingkat pertama untuk memberikan layanan hukum berupa informasi, konsultasi, dan advis hukum serta pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan.

Layanan ini dilakukan oleh petugas Posbakum4 yang berasal dari lembaga pemberi layanan Posbakum Pengadilan yang bekerjasama dengan pengadilan dan bertugas sesuai dengan kesepakatan jam layanan Posbakum Pengadilan di dalam perjanjian kerjasama.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, pada hari Kamis, tanggal 2 Juni 2022 telah dilaksanakan Uji Kompetensi Posbakum bersama tim penguji dari Pengadilan Agama Krui yang terdiri atas:
1. Nur Hidayat, S.Ag., M.A. (Wakil Ketua Pengadilan Agama Krui)
2. Sahram, S.H., M.H (Hakim Pengadilan Agama Krui)
3. A. Rahman, S.H (Panitera Pengadilan Agama Krui)

Selanjutnya dilanjutkan dengan agenda Negosiasi dan Klarifikasi oleh Pejabat Pengadaan Wawan Kurniawan, S.Sy., M.H. dari Pengadilan Agama Kalianda.

Lembaga Bantuan Hukum yang berhasil menjadi Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) di Pengadilan Agama Krui adalah Lembaga Bantuan Hukum Sunan Gunung Jati. 

(Tim TI PA Krui)

Add comment


Security code
Refresh