logo web pa krui

CORONA MAHKAMAH AGUNG gif

Written by Super User on . Hits: 51

Observasi dan Wawancara Implementasi Asessment Surveillance Ke-2 Akreditasi Penjaminan Mutu (APM)  di Pengadilan Agama Krui

.

Liwa, Lampung Barat | https://pa-krui.go.id

 

Tim Asessmen Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Direktorat Jenderal (Ditjen) Badan Peradilan Agama (Badilag) Mahkamah Agung melaksanakan observasi dan wawancara Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) pada Pengadilan Agama Krui selama 2 hari yaitu pada Senin s.d. Selasa / 15 s.d. 16 November 2021. Tim tersebut dipimpin oleh Yosrinaldo Syarief, S.H., M.H., sebagai Lead Assessor dan Pendamping Asesor Drs. H. Engkos Hasyim Koswara, S.H., Uswatun Hasanah, S.H.I., Kristina Mellyza, S.A.N, M.M., serta PPNPN Dedy Verdian.

WhatsApp Image 2021 11 17 at 15.51.56 4

Pelaksanaan observasi dan wawancara implementasi APM ini berdasarkan Surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor 3476/DJA/OT.00/10/2021 tanggal 8 Oktober 2021 hal Pelaksanaan Assesmen Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Agama Tahun 2021.

Sesuai Petunjuk Teknis Assemen APM Badilag bahwa Tim Assesmen melaksanakan langsung pemantauan / pengamatan pada Satker terhadap:

  1. Kondisi sarana prasaranan dan kebersihan lingkungan pengadilan
  2. Mengamati pelaksanaan 5RIN dan 5S
  3. Mengamati kesiapan petugas dan pelayanan PTSP dan resepsionis
  4. Mengambil gambar situasi layanan dan lain-lain yang diperlukan
  5. Mengamati/mengkonfirmasi kompetensi petugas e-Court.

Serta melakukan wawancara dengan penerima layanan untuk mengkonfirmasi layanan pengadilan. Melakukan pemeriksaan kondisi:

  1. Memeriksa Dekorum Ruang Sidang dan PTSP
  2. Memeriksa Kesesuaian Data SIPP dengan berkas dan arsip perkara
  3. Mengamati/mengkonfirmasi implementasi SOP
  4. Memeriksa daftar hadir pegawai
  5. Memeriksa Keterbukaan Informasi Publik pada website/papan pengumuman
  6. Memeriksa Implementasi Aplikasi Ditjen Badilag.
  7. Memeriksa hasil Survey Kepuasaan Masyarakat dan Survey Korupsi.

WhatsApp Image 2021 11 17 at 15.51.56 3

Mekanisme pelaksanaan Asessmen Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) merupakan bagian dari penilaian Asessmen Surveillance Ke-2 ini dilakukan dengan cara obsevasi dan wawancara implementasi APM kepada para pegawai Pengadilan Agama Krui dan stakeholder baik itu pihak yang berperkara maupun masyarakat lain pengguna layanan di Pengadilan Agama Krui.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memantau dan mengukur konsistensi penerapan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Badan Peradilan Agama secara berkesinambungan, serta dalam rangka meningkatkan mutu dan layanan kepada para pengguna keadilan.

WhatsApp Image 2021 11 17 at 15.51.56 1

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan dokumen hasil Observasi Keberlanjutan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) dan Kontrak Kinerja dari Tim ke Ketua PA Krui, kemudian dilanjutkan dengan foto bersama. Observasi dan wawancara implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Agama Krui untuk surveillance ke-2 berjalan dengan baik dan lancar. Disampaikan oleh Ketua Tim bahwa tidak ada temuan mayor yang ditemukan, namun demikian masih ada beberapa permintaan perbaikan yang harus ditindak lanjuti. Permintaan perbaikan tersebut diminta agar segera diperbaiki dan dikirimkan hasilnya ke aplikasi PMP-APM dari Ditjen Badan Peradilan Agama. Atas permintaan perbaikan ini dilaksanakan kontrak kinerja dari Asesor kepada Ketua Pengadilan dan tim APM Pengadilan Agama Krui.

WhatsApp Image 2021 11 17 at 15.51.56 2

Semoga Pengadilan Agama Krui tetap bisa mempertahankan predikat A Excellent untuk Tahun 2021 ini. Aamiin Ya Rabbal Allamin.

 

(TIM TI Pengadilan Agama Krui)

Add comment


Security code
Refresh

HUT TNI HUT MAHKAMAH AGUNG HUT RI DAN MA Hari_Pahlawan

HUT TNI

HUT MAHKAMAH AGUNG

HUT RI DAN MA

Hari_Pahlawan