logo mahkamah agung website ramah difable




Seputar Peradilan

Pembinaan dan Pengawasan oleh Tim HATIBANWASDA PTA Bandar Lampung

Kamis 03 September 2020, Pengadilan Agama Krui Kelas II menyambut visitasi dari Tim Pengawas  Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Bandar Lampung yang dipimpin langsung oleh Dr. Hj. Rokhanah, SH., MH (Wakil Ketua),  Beranggotakan Dr. Hj. A. Muliani Hasyim, SH., MH., MSi. (Hakim Tinggi), Drs. Darmadi (Panitera), Drs. Erwin Romel, MH. (Panitera Muda Banding), Hardini Tawangsari, S. Si., MH. (Kasubag Kepegawaian dan Teknologi Informasi), Medi Efendi, S. Pd., MH. (Kasubag Keuangan dan Pelaporan) dan Fikri, SE., MM. (Administrasi). Pembinaan dan Pengawasa terhadap Pengadilan Agama Krui berlangsung selama tiga hari dimulai dari tanggal 01 September 2020 sampai dengan 03 September 2020.

WhatsApp Image 2020 09 08 at 10.23.401

Sebelum dilaksanakannya pembinaan Ketua Pengadilan Agama Krui Kelas II Nurbaeti S.Ag, MH. memaparkan beberapa kemajuan dari Pengadilan Agama Krui di depan Tim Pegnawas PTA Bandar Lampung dari renovasi ruang tunggu sidang, renovasi PTSP, dan inovasi audio reminder yang diperdengarkan pada pagi hari dan sore hari sebelum pegawai pulang. Tidak lupa juga peningkatan peringkat SIPP Pengadilan Agama Krui Kelas II dalam beberapa minggu terakhir. Beberapa capaian tersebut mendapatkan apresiasi dari Tim Pengawas PTA Bandar Lampung.

WhatsApp Image 2020 09 08 at 10.23.08

Dalam pembinaan, Wakil Ketua PTA Bandar Lampung menyampaikan agar segenap aparatur Pengadilan Agama Krui menanamkan mindet maupun culture set melayani bukan yang dilayani. Bekerja berdasarkan orientasi hasil (result oriented) bukan orientasi uang (money oriented). Wakil Ketua PTA Bandar Lampung memberikan tips agar bekerja dengan cerdas, ikhlas, dan tuntas yang beliau singkat dengan 3 W yaitu:

  • Worship (ibadah) melaksanakan pekerjaan dengan ikhlas sebagai ibadah ke Allah, sebagai ladang pahala.
  • Wealth (kesejahteraan) menjadikan tempat pekerjaan sebagai tempat untuk saling berbagi kebaikan, berbagi ilmu, berbagi tugas (power sharing);
  • Welfare (kompetisi) bekerja dengan dengan semangat untuk menjadi yang terbaik, bersaing dalam kebaikan untuk kemajuan satker tersebut, melahirkan inovasi-inovasi serta mengukir prestasi.

Selanjutnya juga diperkenalkan 8 nilai Mahkamah Agung yaitu Mandiri, Integritas, Kejujuran, Akuntabilitas, Responsibilitas, Keterbukaan, Ketidak berpihakan, dan Perlakuan yang sama dihadapan hukum. Diharapkan semua aparatur Pengadilan Agama Krui Kelas II menginternalisasikan 8 nilai Mahkamah Agung tersebut, dimulai dari perkataan, menjadi perbuatan, dan berakhir menjadi kebiasaan para aparatur Pengadilan Agama Krui.

Adapun mengenai objek pengawasan yang dilakukan dalam surveillance tahun ini yaitu Manajemen Peradilan, Administrasi Persidangan, Administrasi Perkara, Administrasi Kesekretariatan, Pelayanan Publik dan Program Unggulan Badilag.

WhatsApp Image 2020 09 08 at 10.22.52

WhatsApp Image 2020 09 08 at 10.22.522

WhatsApp Image 2020 09 08 at 10.22.521

Pengawasan dan Pembinaan ditutup dengan expose yang disampaikan oleh Tim Pengawas PTA Bandar Lampung secara bergantian dimana secara umum Manajemen peradilan, administrasi  Tata kelola kantor dan pelayanan public Pengadilan Agama Krui sudah baik, namun masih ada yang harus dibenahi dan diperbaiki, baik dibidang kesekretariatan, Kepaniteraan maupun administrasi persidangan. Tim Pengawas PTA Bandar Lampung juga menyampaikan pesan dari Ketua PTA Bandar Lampung agar setiap Pengadilan Agama di wilayah provinsi Lampung segera menyongsong Zona Integritas tak terkecuali Pengadilan Agama Krui yang diharapkan pada tahun 2021 sudah WBK dan WBBM.

      WhatsApp Image 2020 09 08 at 10.23.10   

Dalam penutupan pembinaan dan surveillance ini Ketua Pengadilan Agama Krui Kelas II Nurbaeti, S.Ag., MH. dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas visitas dari Tim Pengawas Daerah PTA Bandar Lampung. Beliau juga mengatakan akan segera melaksanakan dan menyempurnakan semua catatan yang diberikan oleh Tim Pengawas.