logo mahkamah agung website ramah difable




Seputar Peradilan

70 PASUTRI IKUTI ISBATH NIKAH DI KECAMATAN GEDUNG SURIAN - LAMPUNG BARAT 

isbat surian1

Hari Kamis, 28 Agustus 2019 Pengadilan Agama Krui menggelar isbath nikah terhadap 70 pasangan suami istri di Pekon Mekar Jaya, Kecamatan Gedung Surian, Kabupaten Lampung Barat. Turut hadir dalam pelaksanaan sidang tersebut Peratin/Kepala Desa Mekar Jaya bapak Atim, SH, berserta jajaran dan mahasiswa-mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) STAIN Ma’arif Baradatu, Kabupaten Way Kanan.

Pelaksanaan sidang isbat nikah dilaksanakan di 2 lokasi berbeda yakni di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Tempat Pembelajaran Al'quran (TPA) yang berada di Pemangku Purasetia, Pekon Mekar Jaya, kecamatan Gedung Surian. Setidaknya 16 orang pegawai Pengadilan Agama Krui diturunkan demi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan isbat hari ini. Bertolak pukul 06.30 WIB dari kantor Pengadilan Agama Krui rombongan menempuh jarak kurang lebih 2,5 jam perjalanan menuju tempat sidang. Segera setelah tiba dilokasi seluruh petugas dan staff Pengadilan Agama Krui melakukan beberapa persiapan, tepat pukul 09.00 WIB sidang isbath dilaksanakan. Dengan personil yang cukup banyak serta dibantu oleh mahasiswa  KKN pelaksanaan sidang dapat diselesaikan sebelum adzan Dzuhur berkumandang.

isbat surian2  isbat surian3  isbat surian4

Kegiatan ini terlaksana tak luput dari peran serta mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) STAIN Ma’arif Baradatu, Kabupaten Way Kanan sebagai salah bentuk pengabdian mereka kepada masyarakat. Ando yang merupakan perwakilan mahasiswa KKN menyampaikan bahwa antusias masyarakat terhadap kegiatan ini sangat besar, mereka senang sekali karena mereka akan mendapatkan buku nikah tanpa harus repot-repot berangkat sidang ke Pengadilan Agama Krui yang terletak di kota Liwa yang letaknya jauh dari tempat mereka tinggal. Bapak Atim sebagai Peratin menyampaikan penghargaannya bahwa baru kali ini ada anak KKN yang mau mengangkat program ini, dengan peran serta mereka koordinasi terkait pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan lancar dan tertib.

isbat surian5  isbat surian6

Peratin Mekar Jaya, Bapak Atim juga menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan dan kerja sama dari Pengadilan Agama Krui sehingga warganya kini dapat memiliki buku nikah. Jumlah pendaftar isbat nikah kali ini sekitar 70 menurut keterangannya angka ini baru sebagian kecil, menurutnya masih ada lebih kurang sekitar 200 pasangan suami istri atau 20% dari warganya yang berjumlah 998 KK di Pekon ini yang tidak mempunyai buku nikah.

 Melanjutkan penjelasannya, beliau menyampaikan bahwa faktor masih banyak warganya yang tidak memiliki buku nikah disebabkan karena dahulunya pengurusan administrasi pernikahan terkendala jarak yang jauh dari Kantor Urusan Agama kecamatan Gedung Surian sehingga mempersulit pengurusan pembuatan buku nikah. .

"Berkat sering komunikasi kita dengan Pengadilan Agama Krui, acara ini bisa terlaksana dengan didukung oleh komponen masyarakat dan mahasiswa KKN,” tambahnya. Ke depan, semoga kerja sama ini, lanjut bapak Atim, akan terus terjalin baik, demi kebaikan masyarakat.

Ketua Pengadilan Agama Krui turut menyampaikan bahwa legalitas surat nikah ini memang sangat penting, karena kebutuhan administrasi untuk kepengurusan dokumen-dokumen lain juga memerlukan buku nikah. Dan semoga dengan kegiatan ini masyarakat bisa mengurus keberangkatan haji atau umroh. Serta mengurus akte kelahiran anak-anaknya yang belum tercatat dan terdaftar.