logo mahkamah agung website ramah difable




Tata Cara Memperoleh Informasi

  • Permohonan Informasi Secara Langsung
  • a

    Pemohon mengisi formulir permohonan, kecuali apabila yang diminta adalah informasi sederhana yang dapat dijawab secara langsung oleh Petugas Informasi

    b

    Petugas Informasi mengisi register Permohonan Informasi

    c

    Petugas Informasi mencari informasi yang diminta Pemohon

    d

    Apabila informasi yang diminta telah tersedia, Petugas Informasi dapat menyampaikan informasi tersebut kepada Pemohon

    e

    Apabila informasi yang diminta berupa dokumen, Petugas Informasi berkoordinasi dengan Penanggung Jawab Informasi

    f

    Apabila dokumen yang diminta telah tersedia, Petugas Informasi dapat menyampaikan dokumen tersebut kepada Pemohon

    g

    Biaya penggandaan dan penjilidan dokumen dibebankan kepada Pemohon sesuai dengan ketentuan yang berlaku

    h

    Apabila terjadi perbedaan pendapat antara Petugas Informasi dan Pemohon Informasi dalam hal pelayanan, maka penyelesaiannya mengacu kepada peraturan yang berlaku

  • Permohonan Informasi Secara Tidak Langsung
  • a

    Pemohon menghubungi Petugas Informasi melalui telepon, fax, email, atau secara elektronik melalui Permohonan Informasi Online pada website Pengadilan Agama Krui.

    b

    Petugas Informasi mengisi register Permohonan Informasi

    c

    Petugas Informasi mencari informasi yang diminta Pemohon

    d

    Apabila informasi yang diminta telah tersedia, Petugas Informasi dapat menyampaikan informasi tersebut kepada Pemohon

    e

    Permohonan terhadap suatu dokumen hanya dilayani jika Pemohon datang langsung ke Pengadilan

  • Permohonan Memperoleh Informasi
  • a

    Setiap orang dapat mengajukan permohonan memperoleh informasi yang tidak tersedia dalam situs Pengadilan dengan cara mengisi formulir permohonan yang disediakan oleh Pengadilan..

    b

    Petugas informasi dan dokumentasi memberikan tanda terima atas suatu permohonan informasi.

    c

    Permohonan meminta fotokopi putusan dan penetapan Pengadilan pada semua tingkat peradilan diajukan kepada Pengadilan Tingkat Pertama.

    d

    Petugas informasi dan dokumentasi memberikan keterangan selambat-lambatnya dalam waktu 3 (tiga) hari kerja terhitung sejak tanggal permohonan diterima.

    e

    Keterangan tersebut berisi:

     

    - ada atau tidak informasi yang dimohonkan;

     

    - diterima atau ditolak permohonan, baik sebagian atau seluruhnya;

     

    - Penolakan permohonan informasi, baik seluruhnya atau sebagian, harus memuat alasan-alasan.

     

    - Dalam hal permohonan diterima, keterangan tersebut memuat pula biaya yang diperlukan.

    f

    Petugas informasi dan dokumentasi dapat memperpanjang waktu pemberian keterangan dalam hal informasi yang dimohon:

     

    - bervolume besar; atau

     

    - tidak secara tegas dinyatakan sebagai informasi yang terbuka sehingga petugas informasi dan dokumentasi perlu berkonsultasi dengan penanggungjawab.

    g

    Perpanjangan waktu tersebut tidak boleh lebih dari 2 (dua) hari kerja.

  • Biaya
  • a

    Pengadilan hanya dapat membebani Pemohon sekedar biaya fotokopi atau biaya cetak (print) yang ditetapkan oleh Ketua Pengadilan berdasarkan biaya yang berlaku secara umum.

  • Salinan Dan Pemberian Informasi
  • a

    Penyerahan salinan dan pemberian informasi dilakukan selambat-lambatnya 2 (dua) hari kerja setelah Pemohon membayar biaya.

    b

    Pengadilan dapat memperpanjang jangka waktu tersebut dalam hal informasi yang hendak disalin:

     

    - bervolume besar; atau

     

    - sedang dalam proses pembuatan.

    c

    Perpanjangan waktu tersebut tidak dapat lebih dari 3 (tiga) hari kerja, dengan mempertimbangkan sesuai waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses pembuatan informasi yang dimohonkan.

    d

    Apabila ternyata biaya penyalinan lebih murah dari yang diperkirakan, selisih biaya dikembalikan ke Pemohon.

  • Keberatan
  • a

    Setiap Pemohon dapat mengajukan keberatan dalam ha l:

     

    - pemohon ditolak dengan alasan informasi tersebut tidak dapat diakses publik;

       - tidak tersedia informasi yang harus diumumkan  
     

     - permohonan informasi tidak ditanggapi sebagaimana mestinya;

     

    - pengenaan biaya yang melebihi dari yang telah ditetapkan Ketua Pengadilan; atau

     

    - informasi tidak diberikan sekalipun telah melebihi jangka waktu yang telah diatur dalam ketentuan ini.

  Prosedur Keberatan

  • a

    Pemohon dapat mengajukan keberatan kepada penanggungjawab (KPTA) selambat-Iambatnya 7 (tujuh) hari kerja;

    b

    Dalam hal pemohon mengajukan keberatan atas keputusan yang ditetapkan oleh KPTA, maka keberatan diajukan ke penanggungjawab (KPTA) pada Mahkamah Agung.

    c

    Penanggungjawab (KPTA) memberikan jawaban selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja setelah diterimanya keberatan tersebut.

Pemanfaatan Informasi

  • a

    Informasi mengenai putusan atau penetapan Pengadilan yang dikeluarkan Pengadilan berdasarkan Keputusan ini tidak dapat dipergunakan sebagai alat bukti atau dasar melakukan suatu upaya hukum.

Sanksi

  • a

    Penanggungjawab dan petugas informasi dan dokumentasi yang dengan sengaja membuat informasi yang tidak benar atau dengan sengaja menghalangi pelaksanaan Keputusan ini dijatuhi sanksi administratif.